Rabu, 18 Juli 2012


Merupakan sistem code yang mengacu pada matrik barcode sederhana, secara visual berbetuk kotak dan berisi kotak-kotak kecil yang disusun secara acak, serta berwarna hitam dan putih.


Melalui alat pemindai dan software yang dapat didownload secara gratis, QR Code tersebut dapat dibaca untuk menampilkan data-data yang tersimpan dalam QR Code tersebut.

Fungsi dan Kegunaan QR Code.

  1. QR Code Instruction
    Ketika sebuah produk membutuhkan sebuah buku petunjuk berupa instruksi yang cukup kompleks, maka dengan menggunakan QR Code konsumen dapat memindai code tersebut untuk langsung membuka halaman web yang berisi semua instruksi yang dibutuhkan. Dengan QR Code ini maka akan jauh menekan biaya untuk mencetak buku panduan instruksi yang mahal.
  2. QR Code Timetables
    Sebuah informasi yang sangat sering mengalami update, seperti jadwal misalnya akan memakan biaya yang mahal jika menggunakan media cetak, namun dengan menggunakan QR Code dapat jauh menekan biaya cetak dan lebih efektif, mengingat dengan memindai QR Code tersebut dapat langsung mendapatkan informasi yang paling up to date melalui website.
  3. QR Code Advertising
    Melalui QR Code dapat dimanfaatkan untuk membawa user pada halaman website yang berisi iklan, poster atau apapun bentuk informasi advertising. Sehingga cara ini dipandang sangat praktis dan murah.
  4. QR Code Story Telling
    Informasi menarik dan dipandang penting, namun ketika diterapkan pada sebuah kemasan tidak cukup tempat, maka QR Code merupakan solusi yang sangat praktis, dengan memindai QR Code tersebut akan membawa user pada informasi yang lebih ditail melalui website. Sehingga kemasan dapat dirancang lebih simpel dan menarik namun serat akan informasi yang dapat diakses dengan memidai  QR Code.
  5. QR Code Data Capture
    Dengan memanfaatkan QR Codes, user dapat mengases data-data yang diinginkan misalnya mendownload MP3, maupun PDF. Dengan metode QR Code untuk data capture, dimungkinkan mendapatkan data-data pengunjung dengan memasukkan email ketika mendownload MP3 atau PDF.
  6. QR Code Maps
    Manfaat lain dari QR Code adalah menunjukkan peta lokasi, sehingga user dapat menuju ke lokasi dengan tepat. Motode ini dapat dimanfaatkan misalnya untuk even promosi yang diadakan disuatu tempat. Dengan memindai QR Code yang disediakan akan langsung menunjukkan peta lokasi dimana even tersebut diadakan.
  7. QR Code Voice Massages
    Dengan menggunakan QR Code, dapat digunakan untuk menyimpan pesan dalam bentuk suara yang diakses melalui internet. Ketika memberikan sebuah hadiah, kemudian pada bungkus hadiah tersebut terdapat QR Code, maka penerima hadiah dapat memindai QR Code tersebut untuk dapat mendengarkan pesan suara dari pemberi hadiah.
disadur dari :
http://www.attitudedesign.co.uk/qr-codes/




1 komentar:

  1. Thinkpad X1 Titanium X1T-T-3 - TITech
    Thinkingpad X1T-3 - TITech titanium grades An ultra-flexible device with multiple models titanium mens wedding bands of the titanium aura quartz 3D apple watch stainless steel vs titanium printer. oakley titanium glasses T-3 by TItech. ThinkPad X 1T-T-3 - TI Tech.

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!